fbpx
Menu Tutup

Tips Mudah dan Ampuh Buat Kamu yang Susah Banget Bangun Pagi

Pernah ngalamin kesiangan bangun pagi?

Bagaimana rasanya? Semuanya jadi serba terburu buru ya? dan pastinya bikin semua persiapan jadi tidak maksimal.

Sudah bangun pun, masih bingung, karena kesiangan, ibarat kata nyawa masih di tempat tidur. Terus di pagi harinya mau berangkat aktivitas pun tidak maksimal, bisa jadi kegiatan kamu hari itu asal – asalan mulai dari pekerjaan ataupun yang lainnya, yang penting selesai. Gak maksimalkan?

Yap, ini efek dari bangun kesiangan. Mungkin karena tidur telalu malam? Atau Insomnia ?

Jangan sampai hal seperti ini terjadi terus menerus ya. Karena dampaknya bisa panjang. Mulai dari mengganggu pekerjaan, kurangnya produktivitas serta segala performa kegiatan kamu pada hari itu.

Tidak mau kan hal hal seperti itu terus kamu alami ? Maka kamu perlu menghindarinya, mulai saat ini biasakan untuk bangun Shubuh. Setiap orang dapat melakukannya selagi ada niat dan kemauan. Lebih dari itu orang orang yang biasa bangun siang pun dapat berubah.

Nah mungkin berikut ada beberapa tips ampuh dan mudah yang bisa membuat kamu terbiasa bangun Shubuh, yuk simak :

1. Niat untuk bangun Shubuh

Hal utama agar kamu dapat mengatasi bangun kesiangan adalah niat untuk bangun lebih awal, bangun sebelum Adzan Shubuh berkumandang. Niat ini haruslah datang dari diri kamu sendiri, caranya yaitu mengartur pola tidur.

Berikan sugesti positif dalam benakmu “saya harus bangun shubuh”. Katakanlah itu berulang – ulang sampai pikiranmu akan menyimpan sugesti tersebut. Dan niat harus diiringi dengan langkah tidur lebih awal.

Jika biasanya jam 10 malam kamu masih melakukan kegiatan, cobalah untuk paksakan tidur, jangan kebanyakan main ponsel yang membuat niat jadi berantakan. Sulit? Pasti. Namun hanya berlangsung 1-3 hari, selebihnya kamu akan tersugestikan mengantuk di jam yang sudah biasakan tidur.

Dengan niat positif, dan melaksanakan tidur lebih awal, maka pastinua kamu akan bangun Shubuh. Dengan bangun Shubuh kamu pasti akan selalu bersemangat setiap harinya.

2. Pasang Alarm Bisa Membantumu Untuk Bangun Shubuh

Dengan niat positif dan tidur lebih awal menjadi lebih lengkap dan ampuh saat kamu jiga memasang Alarm. 

Sebelum beranjak tidur, pasang Alarm. Dan jangan lupa atur Alarm agar berbunyi berulang kali, jangan sekali. Terlebih kamu tipe yang susah bangun.

Dan simpan Alarm ditempat yang agak jauh, tapi jangan terlalu jauh nanti malah tidak terdengar haha. Hal ini berguna agar saat Alarm berbunyi tidak mudah untuk anda langsung mematikannya, kalopun ingin mematikan harus beranjak terlebih dahuku dari tempat tidur. Jangan lupa juga volume nya di atur full ya.

3. Mengatur Pola Makan

Tips berikutnya untuk bangun Shubuh adalah mengatur pola makan. Karena cara kerja tubuh sangat dipengaruhi oleh setiap makanan yang masuk kedalam tubuh kita. Konsumsilah makanan sehat dan hindari makanan berminyak dan terlalu pedas. Sesekali mungkin tak apa, namu  jika dikonsumsi terlalu sering akan sangat mempengaruhi kinerja tubuh.

Selain itu, hindari minuman yang mengandung kafein sebelum tidur, misalnya kopi atau minuman bersoda, karena kafein dapat menghilangkan rasa kantuk maka yang ada nanti kamu malah insomnia atau susah tidur.

Mungkin saja kamu baru akan tidur pulas larut malam atau dini hari, sehingga dapat mengakibatkan bangun siang. Jadi, atur dan jaga pola makan dengan mengonsumsi karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral yang cukup setiap harinya. 

Oh iya, menkonsumsi buah dan sayuran akan membuat tubuhmu tetap sehat. Tambahkan dengan banyak meminum air putih agar tak cepat lelah. Jika ingin mengatur pola makan demi kesehatan tubuh serta kualitas tidur, agar lebih membantumu kamu dapat berkonsultasi kepada dokter atau ahli nutrisi.

4. Membuat Suasana Kamar Tenang

Namanya kamar tidur, biasanya adalah tempat paling nyaman untuk melepaskan penat setelah beraktivitas seharian. Maka kamu harus pandai mengatur suasana kamarmu.

Untuk membuat suasana kamarmu menjadi tenang, kamu juga dapat memasang aromaterapi sehingga kamarmu menjadi wangi dan mendapatkan manfaat relaksasserta menenangkan pikiran. Dan jaga kebersihannya jangan lupa.

5. Rencanakan Kegiatan Menyenangkan Di Esok Hari

Bangun Shubuh juga dapat dipacu oleh rencana kegiatan menyenangkan di esok hari, misalnya berlibur bersama keluarga atau rencana – rencana lain yang menyenangkan untukmu di esok hari.

Dengan demikian, pikiranmu akan terpacu untuk dapat bangun lebih awal di pagi hari karena tidak sabar menantikan moment yang kamu tunggu.

Semangat…  ^_^

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *