fbpx
Menu Tutup

Teknologi Informasi Sebagai Media Dakwah

SAKU

Teknologi informasi sekarang ini mengalami kemajuan yang sangat pesat. Kemajuan tersebut membuat seluruh manusia semakin mudah untuk berhubungan dan berinteraksi satu sama lain. Berbagai informasi dan peristiwa yang terjadi di seluruh penjuru dunia ini dapat dengan mudah diketahui oleh manusia akibat adanya teknologi informasi tersebut. Ada banyak sekali alat teknologi informasi di zaman modern ini. Yaitu komputer, gawai, televisi dan radio. Semakin berkembangnya zaman alat teknologi informasi samakin canggih.

Saat ini gawai menjadi alat teknologi informasi yang paling populer dikalangan masyarakat. Hal ini dikarenakan gawai telah dijadikan sebagai kebutuhan dalam masyarakat. Sebelum adanya gawai, alat teknologi informasi yang paling populer dikalangan masyarakat adalah radio dan televisi, tetapi semenjak adanya gawai dan komputer kini radio dan televisi sudah mulai dilupakan. Adapun saat ini jika seseorang sedang menonton televisi dan bermain gawai mereka pasti akan lebih fokus ke gawai tersebut dan mengabaikan televisinya. Itu adalah fenomena nyata yang terjadi saat ini.

Gawai sebagai alat teknologi informasi yang sangat popular diseluruh dunia ini. Tentu saja bila alat ini dijadikan sebagai media dakwah pasti akan sangat berpengaruh sekali. Dengan dakwah untuk membentengi dari terorisme dan radikalisme.

Terorisme dan radikalisme. Terorisme berbuat kekejaman dengan mengatas namakan Islam sebagai jihad. Tentu saja itu tidak benar. Maka dari itu dakwah sangat penting sekali. Sedangkan di Indonesia, dakwah dapat dijadikan sebagai pencegahan atas berkembangnya komunisme. Komunisme tidak mempercayai adanya Tuhan dan berbuat kerusakan di negeri ini. Tentu saja itu melanggar nilai-nilai Pancasila pada point pertama. Yaitu Nilai Pancasila Ketuhanan Yang Maha Esa.

Nilai yang terkandung dalam Pancasila point pertama yaitu Ketuhanan Yang Maha Esa. Artinya adalah percaya akan adanya Tuhan Yang Maha Esa serta menjalankan perintah dan menjauhi larangan-Nya sesuai dengan kepercayaan masing-masing.

Jelas sekali nilai Pancasila point pertama Ketuanan Yang Maha Esa. Maka dari itu penting sekali dakwah menggunakan teknologi informasi yang sangat popular saat ini sebagai pencegahan dari apapun hal yang bertentangan dengan Pancasila. Penggunaan gawai sebagai media dakwah lebih fleksibel dan tentu lebih mudah di terima dalam masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *