fbpx
Menu Tutup

Bahaya Tidur Setelah Subuh dari segi medis

Tidur adalah aktivitas manusia yang penting untuk Kesehatan fisik dan mental. Waktu tidur seseorang berbeda setiap individu tergantung pada usai,gaya hidup, dan kondisi kesehatannya. Namun dalam kondisi normal manusia tidur antara tujuh hingga sembilan jam setiap harinya.

Tanda seseorang sudah benar pola tidurnya dilihat dari saat tubuh mulai mengantuk dan dapat tertidur dalam 15-20 menit setelah berbaring di tempat tidurnya dan saat terbangun badan terasa segar dan bertenaga.

Tidur di pagi hari karena begandang  sudah pasti membuat wakt tidur seseorang berkurang. Dalam Agama Islam tidur di pagi hari lebih tepatnya setelah sholat subuh sangat dilarang.

Berikut beberapa hal bahaya tidur setelah subuh bagi Kesehatan :

1. Diabetes

Menurut penelitian , kurang tidur di malam hari dapat meningkatakan resiko seseorang terserang diabetes. Begitupun sebaliknya jika terlalu banyak tidur juga tidak bagus. Hal ini meningkatakan resiko terjadinya kadar gula darah akan cenderung meningkat pada seseorang yang pola tidurnya bermasalah.

2. Obesitas

Kerika pola tidur seseorang bermaslah bisa membuat berat badan meningkat, menurut studi orang yang kurang 7 jam tidurnya setiap malamya memiliki resiko obesitas yang lebih tinggi, dibandingkan dengan orang yang tidurnya 7-8 jam dalam sehari. Hal ini dikarenakan kurang tidur maupun kelebihan tidur membuat nafsu makan cenderung lebih meningkat.

3. Penyakit jantung dan pembuluh darah

Seringnya tidur di pagi hari karena kurang tidur dimalam hari dapat meningkatkan resiko penyakit jantung dan pembulu darah, seperti serangan janrung dan stroke, kurang tidur saat malam hari dakan meningkatkan takanan darah dan peradangan dalam tubuh.

4. Mudah lupa (pikun)

Pola tidur orang yang tidak cukup bisa membuat orang  menjadi lebih pelupa. Karena saat tertidur sel-sel didalam tubuh akan beristirahat dan memperbaiki jaringan-jaringan tubuh, termasuk juga otak. Ketika seseorang kurang tidur dimalam hari, jaringan otak juga kekurangan oksigen dan energi sehingga menjadi lebih pelupa.

Nah, itu 4 diantaranya bahaya tidur di pagi hari sangat buruk bagi Kesehatan, mari kita pebaiki pola tidur kita dan yang masih kurang bagus pola tidurnya, cobalah untuk mengubahnya secara perlahan agar kondisi badan kita sehat selalu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *